- Advertisement -spot_img
23.3 C
Palembang
More
    HomeWeddingUrusan Finansial Rumah Tangga Sering Diidentikan Sebagai Tugas Istri, Mengapa?

    Urusan Finansial Rumah Tangga Sering Diidentikan Sebagai Tugas Istri, Mengapa?

    - Advertisement -spot_img

    Dalam menjalani hidup berumah tangga, banyak tantangan dan ujian baru yang akan dihadapi oleh pasangan suami dan istri, dan salah satu problematika yang cukup krusial dalam mengarungi bahtera rumah tangga adalah tentang mengatur keuangan atau finansial dalam berumah tangga. Namun, Pernahkah sahabat makna berpikir, mengapa urusan keuangan atau finansial sering diidentikan dengan tugas seorang istri?

    Pemikiran tersebut muncul memang bukan tanpa dasar, sebab banyak kebiasaan yang dimiliki oleh seorang wanita atau seorang istri yang menjadikan itu sebagai kelebihan mereka dalam kehidupan berumah tangga khususnya tugas mengatur keuangan dan finansial. Tetapi perlu diingat, dalam mengatur keuangan rumah tangga masih diperlukan kerja sama suami dan istri, sehingga terjalin ikatan saling percaya dan transparansi dalam pengelolaan uang tersebut bisa tetap terjaga. Berikut kebiasaan atau sifat yang dimiliki wanita sehingga sering diidentikan dalam mengatur finansial rumah tangga.

    Lebih Teliti dan Telaten

    Image : Freepik.com

    Faktanya, terkadang seorang Istri lebih memperhatikan suatu hal secara lebih teliti dan lebih detail dibandingakan dengan seorang suami. Dan juga banyak dari istri-istri yang memiliki kebiasaan perfeksionis, termasuk dalam mengatur keuangan dalam rumah tangga, dan menjadi ini sebuat kelebihan dan menjadi alasan mengapa seorang wanita atau seorang istri lebih cakap dalam mengatur keuangan

    Istri Memahami Kebutuhan

    Image : Freepik.com

    Tedapat kutipan yang mengatakan “Penuhilah Kebutuhanmu bukan keinginanmu”, kutipan tersebut juga erat kaitannya dalam proses mengaturan keuagan dalam rumah tangga. Selain dianggap seorang yang lebih mengetahui kebutuhan akan rumah tangga, seorang istri juga memiliki pemahaman lebih dalam menyusun dan mengatur prioritas yang dibutuhan keluarga dibandingkan oleh seorang suami. Seorang istri juga seringkali memiliki kapasitas yang lebih banyak dalam melakukan pekerjaan rumah tangga, dan oleh karena itu pas jika tugas mengatur keuangan diberikan kepada seorang istri.

    Berpikir Jauh Kedepan

    Image : Freepik.com

    Biasanya seorang istri memiliki rencana-rencana yang panjang akan masa depan yang berkaitan dengan keluarga. Oleh karena itu, seorang istri dapat mempersiapkan dan memperhatikan secara matang dan mempersiapkan sedini mungkin agar rencana di masa depan tersebut dapat terealisasikandengan maksimal jika pengelolaan keuangan dipegang atau ditugaskan kepada seorang istri.

    Terbuka Akan Bantuan dan Masukan

    Image : Freepik.com

    Seorang Istri biasanya dapat dinilai “tidak lebih gengsi” dibandingkan dengan seorang suami. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, 7 dari 10 perempuan mempercaya masukan dan bantuan sesorang dapat memberikan kemudahan dalam mengatur dan menyusun anggaran dalam jangka yang panjang, contoh bantuan tersebut ialah dengan menggunakan financial planner. Oleh karena ini lah, seorang wanita atau seorang istri dinilai lebih terbuka dalam menerima bantuan dan masukan dari orang lain dalam mengatur finansial rumah tangga.

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    16,233FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here