- Advertisement -spot_img
26 C
Palembang
More
    HomeHealthWorld Mental Health Day: Menjaga Kesehatan Mental itu Penting

    World Mental Health Day: Menjaga Kesehatan Mental itu Penting

    - Advertisement -spot_img

    Tubuh manusia terdiri dari raga dan jiwa, raga merupakan fisik yang tampak dan jiwa adalah sesuatu yang ada di dalam diri manusia bersifat abstrak, tak terlihat tetapi keberadaanya sangat berharga. Menjaga kesehatan jiwa dan raga itu penting karena keduanya saling berkaitan erat. Ketika tubuh sakit maka jiwa pun ikut sakit, sebaliknya jika jiwa sedang tidak baik-baik saja maka tubuh pun akan merasakan dampaknya. Setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia dan tahun ini jatuh pada Hari Sabtu, 10 Oktober 2021. Adanya Hari Kesehatan Mental Sedunia ini adalah upaya untuk membangun kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mental itu? Simak informasi selengkapnya!

    Penerimaan Diri

    Penerimaan diri dapat diartikan sebagai menerima semua hal, baik positif atau negatif yang berada di dalam diri, misal penerimaan keadaan fisik atau pun kemampuan diri. Dapat menerima keadaan diri sendiri adalah salah satu cara untuk mencintai diri sendiri atau self love. Mencintai diri sendiri akan mudah tercapai jika sudah bisa menerima diri sendiri secara utuh, sehingga mampu untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi. Penerimaan diri membuat seseorang siap untuk menerima dan menghadapi semua tantangan di dalan hidup. Oleh karena itu, penerimaan diri mampu menjaga agar mental selalu sehat.

    Afirmasi Positif

    Jangan meremehkan kekuatan kata-kata karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental. Memberikan kata-kata positif kepada diri sendiri akan membawa perubahan besar terhadap kehidupan. Cobalah belajar melakukan dengan rutin setiap pagi untuk mengatakan kepada diri sendiri, seperti “Kamu cantik”, “Kamu baik”, “Kamu pintar”, “Kamu mampu mencapai yang kamu mau”. Afirmasi yang positif juga dapat meningkatkan harga diri dan motivasi seseorang. Memikirkan dan memberikan kata-kata yang negatif kepada diri sendiri juga akan menimbulkan dampak yang negatif pula.

    Melakukan Hal-Hal yang Menyenangkan

    Terkadang aktivitas yang dilakukan setiap hari secara terus-menerus membuat kepenatan di dalam diri, hal ini bisa saja menimbulkan stres sehingga kondisi kesehatan mental dapat terganggu. Untuk itu, cobalah melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti berlibur atau melakukan hobi yang disukai. Berikan sedikit jeda kepada diri sendiri untuk meninggalkan kegiatan sehari-hari dan melakukan hal menyenangkan. Kegiatan ini dapat membangkitkan mood, menghilangkan stres dan menjaga kesehatan mental.

    Berolahraga

    Kegiatan berolahraga merupakan salah satu kegiatan untuk menangkal stres, kecemasan dan depresi. Tak harus pergi ke tempat latihan kebugaran, olahraga-olahraga kecil juga bisa dilakukan, seperti naik turun tangga, berjalan kaki atau jogging seputaran tempat tinggal. Manfaat yang maksimal dari berolahraga dapat didapatkan jika melakukannya setidaknya 30 menit setiap hari dan di luar ruangan. Olahraga bermanfaat agar tubuh melepaskan hormone endorphin yang membantu meningkatkan suasana hati sebelum dan sesudah berolahraga.

    Menjalin Hubungan Positif

    Ketika mampu untuk melakukan sesuatu atau menolong orang lain dan orang tersebut merasa bahagia hal itu akan membuat diri juga ikut berbahagia. Membantu orang lain juga bisa membangun hubungan yang baik dan hal ini mampu untuk menjaga kesehatan mental. Memiliki hubungan yang baik dengan orang lain dapat meningkatkan harga diri, merasa dicintai dan memberikan perasaan dukungan emosional yang baik.

    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img
    Stay Connected
    15,824FollowersFollow
    Must Read
    Related News
    - Advertisement -spot_img

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here